Go Digital, Kini Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran Sudah Pakai TTE Tersertifikasi!

Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga adalah dokumen yang wajib dimiliki tiap Warga Negara Indonesia (WNI). Jika biasanya masyarakat harus datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), kini masyarakat tidak perlu lagi melakukannya karena ada Tanda Tangan Elektronik (TTE) tersertifikasi untuk mempermudah perolehan dokumen.

Apa itu TTE Tersertifikasi?
Tanda Tangan Elektronik (TTE) tersertifikasi adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi data lewat Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh PSrE Indonesia. Dengan penggunaan TTE tersertifikasi, berbagai layanan sistem elektronik akan menjadi lebih efektif dan efisien.

TTE tersertifikasi telah diterapkan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Per Maret 2020, Kementerian Dalam Negeri mencatat 508 dari 514 kabupaten/kota di Indonesia telah menerbitkan dokumen kependudukan yaitu Kartu Keluarga (KK), Akta Kematian, Akta Kelahiran, serta Surat Keterangan Pindah Datang (SKPD) lewat inovasi digital ini. Selain itu Disdukcapil menggunakan Kode QR (Quick Response)* untuk melengkapi keabsahan dokumen kependudukan tersebut.

Pencetakan dokumen kependudukan dari Rumah
Dengan adanya TTE tersertifikasi, dokumen kependudukan dapat dicetak dari rumah. Caranya, pemohon mengajukan permohonan pencetakan melalui Dukcapil Go Digital atau jika berkenan mendatangi langsung kantor Dinas Dukcapil setempat. Setelah permohonan pelayanan kependudukan diproses, dokumen akan disahkan dengan TTE tersertifikasi Kepala Disdukcapil setempat.

Selanjutnya, Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) akan mengirimkan pesan singkat (SMS), berisi pemberitahuan dan tautan dokumen kependudukan yang telah disusun. Masyarakat akan mendapatkan dokumen elektronik yang bersifat rahasia dengan format Portable Document Format (PDF) beserta PIN. Setelah dokumen terbuka, masyarakat bisa mencetak dokumen pada kertas HVS putih.

Namun demikian, pencetakan mandiri ini belum bisa diterapkan pada KTP Elektronik dan Kartu Identitas Anak (KIA) sehingga warga perlu mendatangi kantor Disdukcapil setempat.

Verifikasi TTE Tersertifikasi
Dokumen elektronik kependudukan dapat dilihat dan diunduh dengan cara memindai Kode QR yang terdapat pada dokumen menggunakan ponsel pintar (smartphone). Untuk memastikan keaslian dokumen kependudukan yang telah ditandatangani menggunakan TTE tersertifikasi, dengan cara mengupload dokumen elektronik tersebut ke website www.tte.kominfo.go.id pada menu verifikasi PDF. Kemudian akan muncul informasi diantaranya identitas Sertifikat Elektronik penanda tangan, dokumen elektronik tidak mengalami perubahan, waktu penandatanganan dokumen, PSrE Indonesia yang menerbitkan Sertifikat Elektronik dan masa berlaku Sertifikat Elektronik.

Dengan adanya TTE tersertifikasi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil telah meminimalisasi pemalsuan data kependudukan. Selain itu cara ini pula membuat masyarakat menjadi lebih go digital.

Jadi, apakah kamu sudah mencobanya?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *