Peneliti Sebut Kecanggihan AI dapat Percepat Suatu Kerjaan

Dosen Peneliti Bidang AI dan Knowledge Graph Fariz Dadari (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

Kecanggihan Artificial Intelligence atau kecerdasan artifisial (AI) dinilai, dapat mempercepat suatu kerjaan. Demikian disampaikan Dosen dan peneliti dalam bidang kecerdasan artifisial dan knowledge graphs Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Fariz Darari.

Menurutnya, AI dapat membantu membuat berita, mengerjakan pekerjaan kantoran, hingga membuat rekaman suara mirip seseorang bahkan tokoh dunia. Bahkan, Kecanggihan AI disebut-sebut juga dapat digunakan pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI).

“Bagaiamana membuat siaran radio pakai AI. Menggunakan ada 5 W (what, when, who, where, why),” kata Fariz dalam acara diskusi publik ‘Pengaruh Perkembangan Kecerdasan Buatan Terhadap Industri Penyiaran’, di Auditorium M Jusuf Ronodipuro LPP RRI, Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Fariz membeberkan, AI memiliki kecanggihan dalam merubah teks menjadi suara melalui Text to Speech. Meski begitu, Fariz mengingatkan, kecanggihan AI harus dibarengi dengan Human Intelligence atau kecerdasan manusia (HI).

“AI Conten/Text Proccesing, se-AI, AI-nya, jangan melupakan HI. Saya bisa kerja secepat mungkin, dia bisa bikin berita dari bahan mentah, jadi ala style berita,” ucap Fariz.

Dalam acara dialog tersebut, Fariz sempat memamerkan kecanggihan AI dalam menirukan suara eks Presiden AS Barack Obama. Yakni, dari teks mentah yang diubah menjadi suara.

“Text to Speech, bisa diubah menjadi suara. Ini for free, pakai (suara) Barack Obama, Result dan Human Quality Control,” ujar Fariz.

Sumber: https://www.rri.go.id/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *